Arti Sebuah Nama

Pasang dan surut dalam menjalani pekerjaan sering kita alami. Apalagi pekerjaan itu merupakan runtinitas. Kita sering kali harus melakukan sesuatu untuk mempertahankan kecintaan terhadap apa yang kita kerjakan . Memberikan suntikan energy untuk melawan rasa bosan.  Seperti yang saya alami. Sepuluh tahun  mendedikasikan diri pada pekerjaan ini  ternyata membuat banyak hal yang terlewati.

Hari Minggu lalu, ketika rasa penat membuncah , tiba-tiba saja saya ingin mampir di sebuah warung yang pada masa SMA menjadi langganan saya. Saya ingin menikmati siang yang panas sekali itu di warung yang terletak di Kalitan. Tepatnya di depan stasiun radio JPI Solo. Di warung rujak yang sekarang diberi nama Warung Rujak Kodrat Illahi ini, saya merasa dilemparkan kembali masa SMA. Dulu, hampir setiap pulang sekolah, saya selalu menyempatkan diri mampir di warung ini.

Sembari melayani pembeli, pemilik warung yang belakangan saya ketahui bernama Azizah ini melayani ajakan saya mengobrol. Ibu dengan dua anak ini menceritakan, dia membuka warung sejak masih usia 19 tahun. Mula pertama, warungnya berada di bawah pohon talok. Tidak ada papan nama. Meski demikian, warungnya sangat populer. Pelanggannya tak hanya warga sekitar, mahasiswa kedokteran UNS yang praktek di RS Dr Moewardi, yang kala itu masih di Mangkubumen, merupakan pelanggan setia bu Azizah. Juga masyarakat luas, termasuk anak-anak SMA seperti saya kala itu.

Rujak bu Azizah rasanya memang enak dan harga yang relative murah. Tak heran kalau pelanggan warung rujak ini  pun berjibun. Seiring dengan kelarisannya, warung ini mulai diterpa gossip. Ada gossip yang berhembus bahwa rujak bu Azizah berbau minyak tanah sampai dengan rumor kalau pemilik warung ini memiliki “ pesugihan “ dan sebagainya.

“Saya terpukul dan sedih,” tutur bu Azizah.  Warung pun menjadi sepi. Halangan  justru yang datang silih berganti. Ibu ini tidak pernah berpikir untuk banting stir menjual jajanan lain karena memang sedari awal hanya ingin membuka warung rujak.

Ketika kegundahan memuncak, bu Azizah memutuskan untuk berkunjung ke keluarga suaminya di Aceh. Dia berkesempatan sholat di masjid Baiturrahman . Di sana dia melihat sebuah papan nama  warung  atau kantin yang di dekat masjid bertuliskan  “kodrat Ilahi”. “Tiba-tiba saya muncul pemikiran untuk memberi nama warung rujak  saya dengan nama Kodrat Ilahi,” kata bu Azizah menceritakan ikhwal nama warungnya. Sejak menggunakan nama “Kodrat Illahi”, bu Azizah merasa tidak lagi didera rumor seperti yang pernah dialami.

Bagi sebagian orang seperti kata Shakespeare, apalah artinya sebuah nama. Banyak orang tak meyakini  pentingnya nama. Tetapi tidak demikian bagi  seorang Azizah. Nama merupakan sumber kekuatannya dalam menjalankan roda usaha. Bagi saya nama adalah sebuah “ brand” yang mesti dijaga kredibilitasnya agar senantiasa memberi nilai dan kemanfaatan tidak hanya untuk dirinya  tapi   juga sekelilingnya. Jadi apa arti sebuah nama bagimu, sahabat ???



39 Komentar pada “Arti Sebuah Nama”

  1. eri maryana  berkata:

    nice……sangat membangkitkan adrenalin untuk semangat kerja lagi. tapi aku jadi kangennnnnne pol pengen ngrujak di sana mbak, aku juga pelanggan setia kodrat ilahi’s rujak lho hahaha…ayo kapan ke sana, bareng yukkkk..

  2. retnowulan  berkata:

    wah boleh tuh, seger ya mbak ery rujake…

  3. Petra  berkata:

    Mahasiswa FISIP
    MA_A(D1509067)

    Memang benar pendapat Ibu Azizah, sebuah nama memang sangat berarti. KArena pada sebuah nama terletak satu pengharapan, ibarat sebaris doa yang dilantunkan tanpa suara. Nama “Kodrat Illahi”, mungkin memotivasi Ibu Azizah, bahwa manusia hanya berencana dan berusaha, namun tetap ALLAH(Illahi)lah yang menetukan. BIla kita selalu berpegang pada kodrat Illahi, hidup senantiasa nyaman.

  4. Septyan Dwi Cahyo  berkata:

    Septyan berkata:

    Mahasiswa Fisip
    D3 MA_A(D1509079)

    Menurut bu Azizah sebuah nama sangatlah penting.Dengan dia sholat di masjid baiturrahaman dia mendapat petunjuk dari allah swt. yaitu sebuah papan nama.Dari petunjuk itu bu Azizah memberi nama warung rujaknya dengan nama Kodrat Illahi.

  5. Yustina Wahyu C  berkata:

    mahasiswa FISIP
    D3 MA_B(D1509096)

    Menurut saya setiap orang pasti memiliki nama dan arti yang berbeda-beda dari setiap nama yang diberikan oleh orang tua kepada anaknya,agar kelak anak itu bisa tumbuh dan menjadi apa yang didambakan orang tuanya.
    Arti dari setiap nama itu menunjukan sebuah harapan yang tersurat dari si pemberi nama.Begitu pula yang di lakukan oleh Bu Azizah.dari pengalamannya dia tidak berputus asa dalam menghadapi sebuah kendala dalam usahannya berdagang, tetapi ia berusaha untuk mencari jalan keluar.Dari arti sebuah nama “KODRAT ILAHI” dia bisa memulihkan keadaan seperti semula dalam usahanya tersebut.
    Oleh karena itu,nama yang tersurat sebaiknya bisa tersirat dari sifat,karakter,dan perilaku individu itu sendiri.sekian
    terimakasih.

  6. ANISA ENDAH BUDIANA/D509009/MA/A  berkata:

    siiiipppp….

    saya setuju dengan pendapat bu retno, bahwa “nama” adalah sebuah “ brand” yang mesti dijaga kredibilitasnya agar senantiasa memberi nilai dan kemanfaatan tidak hanya untuk dirinya tapi juga sekelilingnya. Dari nama pula seseorang bisa diharapkan untuk menjadi apa yang terkandung dari nama tersebut. Misalnya nama saja, “Anisa Endah Budiana”, Anisa berarti wanita, endah itu baik, budiana berarti ada budinya. Dapat disimpulkan dari nama tersebut bahwa “anisa endah budiana bisa diartikan wanita yang baik budinya. Mengapa orang tua saya memberikan nama seperti itu???????? karena orang tua saya menginginkan anaknya mempunyai budi yang baik. yang nantinya akan bisa bermanfaat terutama buat anak itu sendiri, keluarga dan orang lain yang ada disekitarnya.

    Untuk rujaknya bu azizah,,, kapan-kapan boleh coba dunk…@_@

  7. Galuh Virmani Mahasiswa MA (A) D1509035  berkata:

    Menurut saya arti dari sebuah nama ada pentingnya dan ada tidaknya. KNP???
    Sebagian orang berpendapat bahwa nama menyangkut karakter.kepribadian.sifat,watak dan lain-lain mis. nurul arifin dkk
    Tapi menurut sebagian orang lain nama tidaklah terlalu penting karena tidak semua nama mencerminkan karakter atau watak si pemilik nama. Seperti realita yang ada mis. nazril ilham dkk
    Tapi melihat cerita diatas kayaknya termasuk dengan kategori yang pertama dech….. Hheheh ^^ kpan2 bleh jg dicoba!

  8. ima sam putri MAHASISWI MA A (D1509043)  berkata:

    yuppppps….

    sangat setuju…..!
    arti nama sangat penting…entah itu arti nama dalam bisnis atau nama seseorang….

    ada yang bilang”NAMAKU ADALAH DOA, DAN HARAPAN ORANG TUA KU”…nah.. itu arti nama yang terkandung dalam nama orang…sebagian dari kita, ada yang bilang bahwa nama kadang dianggap tidak memiliki arti apa-apa, atau hanya sekedar sebuah tanda pengenal ataupun panggilan, namun pada hakekatnya orang tua manapun memberikan nama kepada anaknya merupakan sebuah doa dan titipan harapan yang besar dan tulus terhadap anak tersebut dengan nama itu.
    misalnya,
    sewaktu duduk di bangku SMA,Saya juga pernah membaca artikel atau entah cerita…bahwa ada seorang anak perempuan yang bernama “ASMA”…ketika dia ditanya,
    “kenapa namamu ‘asma’,apakah karena kamu punya penyakit asma…?”
    ia pun menggeleng…padahal nama ASMA bukan hanya nama penyakit,,,disini kita bisa mengetahui . yah, mungkin saja ada nama lain yang mempunyai makna sehingga itu orang tua nya memberikan nama tsbut….

    hehehehe ^,^ saya pun juga demikian …ada makna dibalik nama IMA SAM PUTRI….hihihii

  9. Erma Wati D3 Manajemen Administrasi Fisip  berkata:

    Menurut saya arti sebuah nama itu sangatlah penting. Bayangkan saja bila di dunia ini seseorang tidak mempunyai nama atau namanya sama semua,,,???? Tentu saja kita akan kesulitan untuk memanggilnya, seperti film yang pernah saya lihatyang berjudul”Rrrrrri”, semua penduduknya bernama ‘Batu”, sehingga mereka saling memanggil dengan nama yang sama.

    Setiap orang tua ketika anaknya lahir telah menyiapkan sebuah nama yang memiliki arti tersendiri dan mendoakan agar nama itu kelak membawa anaknya menjadi anak yang baik dan menjadi orang sukses…..

    Tapi ada juga, orang tua yang hanya sekedar memberikan nama tanpa memikirkan sebuah arti dari nama itu, , ,Walaupun begitu, doa pasti tetap ada untuk anak tersebut.

  10. totalia  berkata:

    menurut saya nama itu penting, karena nama bagi saya memiliki arti tersendiri. orang tua memberi nama kita pasti lah dengan penuh pertimbangan dan memiliki makna yang baik yang bisa membawa berkah dan anugerah. seperti yang telah nabi Muhammad SAW perintahkan agar memberikan nama yang baik untuk putra dan putrinya. tapi itu semua adalah sebuah kepercayaan, ada juga yang tidak percaya dan ada yang percaya. menurut saya nama memang penting, tetapi lebih penting lagi jika sebuah nama yang baik diiringi dengan tindakan yang baik pula. apa arti nama baik apabila moral dan perilakunya tidak sesuai dengan arti namanya. maka bersyukurlah kita yang terlahir dengan sebuah nama yang indah yang telah diberikan oleh orang tua kita. semoga kita bisa selalu menjaga nama baik kita, dan tidak hanya itu kita juga harus selalu menjaga nama baik keluarga dan nama baik bangsa dan negara tercinta ini dimanapun kita berada… amiennn…..

  11. totalia  berkata:

    MAHASISWI FISIP
    D1509087/ MA / A

    menurut saya nama itu penting, karena nama bagi saya memiliki arti tersendiri. orang tua memberi nama kita pasti lah dengan penuh pertimbangan dan memiliki makna yang baik yang bisa membawa berkah dan anugerah. seperti yang telah nabi Muhammad SAW perintahkan agar memberikan nama yang baik untuk putra dan putrinya. tapi itu semua adalah sebuah kepercayaan, ada juga yang tidak percaya dan ada yang percaya. menurut saya nama memang penting, tetapi lebih penting lagi jika sebuah nama yang baik diiringi dengan tindakan yang baik pula. apa arti nama baik apabila moral dan perilakunya tidak sesuai dengan arti namanya. maka bersyukurlah kita yang terlahir dengan sebuah nama yang indah yang telah diberikan oleh orang tua kita. semoga kita bisa selalu menjaga nama baik kita, dan tidak hanya itu kita juga harus selalu menjaga nama baik keluarga dan nama baik bangsa dan negara tercinta ini dimanapun kita berada… amiennn…..

  12. Yasmine aprilla arsy/D1509097/MA(A)  berkata:

    iyah..bener jugag..kadang pendapat setiap orang berbeda beda..ada anggapan apa sii arti sebuah nama..tapi bagi seseorang yang berpikir lebih mendalam mungkin nama sangat lah memiliki banyak arti..

    tapi disini awal nya ..saya ingin mengomentari kegigihan bu azizah dalam mempertahankan prinsip nya yg sejak awal dan sampai kapanpun akan tetap bertahan menjual rujak dan tidak akan berpindah pada hal lain..yang pada saat itu bu azizah banyak mendapatkan fitnah dan cobaan atas kesuksesan yang didapat atas jerih payah nya sejak awal yang susah payah didapat..kesabaran dan ikhtiarnya ternyata berbuah manis..itulah makna dari sebuah cobaan bila kita hadapi dgn benar,dan sll ingat pada Tuhan..saya sangat salut..

    dan,arti sebuah nama ittu bagi saya,nama itu diciptakan supaya kita,ataupun tempat,produk dan segala macam hal yg dinamai dapat lebih diingat dan dikenal..maka dari itu sebaikknya memilih nama terbaik dalam segala hal..
    dengan nama selain mengenal,mengingat,kita juga mampu mengenang lebih jauh..mengenang seseorang yg kita kenal,mengenang suatu tempat yg pernah kita datangi..
    dan dgn nama,apalagi nama yg indah dan bermakna segalanya akan lebih mudah..dan mingkin juga berkah seperti warung bu azizah.. 🙂

  13. Tri Isnawati (FISIP MA A D1509089)  berkata:

    menurut saya nama itu sangat penting karena nama merupakan hadiah dari ortu ketika kita lahir yang didalamnya terdapat harapan agar kita menjadi anak yang baik dan benar ……………………………
    maka dari itu kita harus menerima dan tidak usah mengganti-ganti dengan nama yang menurut kita ” gaul ” ….

  14. nadia okki/D1509057/MA/A  berkata:

    memang benar sebuah nama itu pasti ada arti tersendiri yang memang mempunyai makna atau maksdu. Arti dari sebuah nama itu pun pasti arti yang baik tidak mungkin arti yang jelek.

    Contohnya : orang tua memberikan nama bagi anaknya mesti nama yang baik dan memiliki makna yang baik pula,,,,disisi lain dari nama dan artinya itu pun orang tua juga memiliki harapan yang baik bagi hidup anaknya dari sebuah nama yang diberikannya itu.

    untuk keggigihan bu azizah dalam mempertahankan jualan rujaknya meskipun mendapatkan gosip yang tidak menyenangkan itu harus diacungi jempol. tapi pada akhirnya bu azizah menerima buahnya juga dari kegigihannya itu. Tuhan juga tidak akan diam apabila melihat umatnya lagi dalam kondisi yang seperti itu….contonya saja bu azizah yang setelah sholat mendapat pentunjukNya sehingga warungnya sekarang menjadi terkenal dan menjadi ramai kembali. orang yang menanam kebaikan pasti akan menerima kebaikan pula seperti yang terjadi kepada bu azizah

  15. Arti sebuah nama, bagi saya setiap nama pasti memiliki arti tersendiri. Nama yang sederhana, nama yang indah, panjang, pendek, segalanya memiliki arti. Nama adalah sesuatu yang menurut saya sakral, ada harapan dan impian yang tersembunyi dibalik setiap nama. tetap mensyukuri nama yang kita miliki, tak ada nama yang jelek bagi saya. Apapun nama itu, syukurilah…
    keep positive thinking with your name, sure!!!
    btw, rujaknya boleh tu Bu Retno?makan2 dung… hehe ^_^

  16. Novi Dwi Aryanti / D3 MA-B / D1509062  berkata:

    Yupz…….
    Menurut saya nama itu sangat penting, terutama bagi manusia.
    Nama merupakan sebuah identitas pribadi, dimana di balik dari nama itu sendiri terdapat harapan dan makna khusus dari sang pemberi nama. Tapi yang saya tak habis pikir sampai saat ini, kenapa ya ada orang tua yang memberi nama asal – asalan, bahkan bisa dikatakan tidak pantas untuk dijadikan nama, untuk sang buah hatinya sendiri???

    Trmksh Bu Retno bwt ksmptn membaca artikel ini, semoga artikel ini dapat dipublikasikan lebih luas lagi…….
    🙂

  17. novia sinta N  berkata:

    salut banget sama perjuangan ibu azizah…
    tidak semua orang menganggap kalau sebuah nama itu penting bagi dirinya…jika kita tidak mempunyai sebuah nama sama saja kalau kita sama sekali tidak mempunyai suatu identitas bagi diri kita…
    dan setiap nama yang kita miliki mengandung sebuah arti yang baik,yang kelak bisa menjadi harapan agar pribadi seseorang tersebut sesuai dgn makna nama’a tersebut,dan nama kadang juga dapat mencerminkan watak dan sikap kita.
    jadi kita syukuri nama yang telah diberi dari orang tua kita..
    terima kasih

  18. novia sinta N/D1509063/MA.A  berkata:

    salut banget sama perjuangan ibu azizah..
    tidak semua orang menggangap kalau sebuah nama itu penting bagi dirinya…jika kita tidak mempunyai sebuah nama sama saja kita sama sekali tidak mempunyai suati identitas bagi diri kita.
    dan setiap nama yang kita miliki mengandung sebuah arti yang baik,yang kelak bisa menjadi harapn agar pribadi seseorang tersebut sesuai dengan makna namanya tersebut,dan nama kadang juga dapat mencerminkan watak dan sikap kita.
    jadi kita syukuri nama yang telah diberi dari orang tua kita..
    terima kasih

  19. setiawan adhiyatmoko D3 MA B D1509080  berkata:

    bagi saya nama itu sangat penting, orang yang gak tau mungkin cma asal memberi nama untuk anak mereka, tapi orang yang tau, tidak akan asal-asalan memberikan nama kpda anak mereka, krna nama itu merupakan doa, cerminan sikap bagi yang pnya nama, dan harapan para orang tua agar kelak nanti nama itu tidak membawa bencana bagi anak mereka. setiap orangpun pasti menilai orang lain dari namanya dulu.

  20. Haris Udin D3 MA B D1509038  berkata:

    Bagi saya nama adalah sebuah identitas bagi seseorang atau sesuatu benda,coba bayangkan apabila seseorang atau benda tersebut tidak mempunyai nama,pastilah kita bakal susah buat memanggilnya…

    maka dari itu kita harus memberikan nama bagi seseorang atau benda tersebut

  21. Lydia Wisnu M.(D1509050/MA.B)  berkata:

    sebuah nama adalah doa!
    so…apapun itu jka punya nama maka akan terkandung doa didalamnya.
    isn’t it???
    sample yg paling nyata dan realita aja nieh ya…dulu orang tua saya (khususnya ibu saya) sudah menyiapkan sebuah nama sebelum kelahiran saya “LYDIA” itupun ada doanya. Kata beliau,”Semoga anak saya bs menjadi orang yg berguna dan dikenal banyak orang layaknya artis Lidya Kandau(yg kebetulan ibu saya sangat mengidolakannya)”.
    yg kedua..bapak saya pun sudah menyiapkan nama “WISNU” yg kata beliau supaya saya bs mnjadi orang yg memelihara dunia layaknya Dewa Wisnu.

    tapiiii…..entah kenapa ya di jaman sekarang ini masih banyak banget anak muda yg tak mensyukuri namanya dengan dalih tak suka karena ga’ gaul lah,norak lah,dll.
    bahkan ada yg pengenganti nama segala!
    terus terang saya amat sangat prihatin dan hanya bs mengelus dada.
    tak pernahkah mereka sadari bahwa orang tua mereka dengan susah payah berdoa melalui sebuah NAMA?!

    that’s all…!

  22. marco saputra_D3_MA.A_D1509051  berkata:

    nama mempunyai kekuatan yang mustajab…. nama dapat meningkatkan motivasi seseorang seperti ibu azizah..

    btw jd pengen nyicip rujaknya mami azizah….

  23. Rani Isnaini  berkata:

    Hello Mom,,,
    Menurut saya,arti sebuah nama sangatlah penting meskipun terkadang sering kali orang menyepelekan ataupun malu dengan namanya sendiri. Tentunya orang tua kita memberikan nama tidak asal-asalan saja tetapi ada maksud di balik nama kita. Sayangnya,anak muda sekarang banyak mengganti namanya dengan julukan-julukan yang aneh tetapi herannya mereka malah merasa senang dengan julukan-julukan itu.

    Saya setuju dengan dengan warung rujak Bu Azizah dengan nama “Kodrat Ilahi”. Selain nama tersebut dapat mengubah image masyarakat pada sebelumnya karena gosip “pesugihan atau bau minyak tanah”, nama tersebut juga bisa menjadi berkah untuk warung Bu Azizah dan menjadikan Bu Azizah lebih semangat dan sabar dalam menghadapi cobaan hidup. Amin.

    Janganlah malu akan nama yang telah diberikan oleh orang tua kepada kita!
    Seburuk apa pun nama yang kita anggap jelek tapi dibalik itu semua nama kita mempunyai makna yang indah. Percaya deh!

    Thank you Mom…

  24. Rani Isnaini  berkata:

    Ada yang lupa…

    Saya Rani Isnaini jurusan Manajemen Administrasi kelas B dengan No NIM D1509070

    Thanks

  25. Betty S.(MA.B/D1509016)  berkata:

    i think…sebuah nama adalah suatu pengharapan tentang apa yg diinginkan.
    jaadi…ga ada sesuatu yg tanpa harapan,makanya lahirlah sebuah NAMA.
    sehingga dalam memberikan sebuah nma itu harus dipertimbangkan matang2 supaya tdk menjadi bomerang bagi kita.
    salut deh buat bu Azizah….!

  26. NITA FITRIYA S D3 MA B D1509060  berkata:

    Yupi……….
    Nama adalah sebuah pengharapan. Apapun itu, dalam sebuah nama pasti terselip do’a yang indah agar di ijabah. Btw, buat bu azizah salut banget buat pengorbanan, semangat dan kesabarannya.

    i think……sebuah pengorbanan dan kesabaran tidak akan berlalu dengan sia – sia. CAYOO……..KEEP SPIRIT Y BU……!

  27. agus transivo .R D3 MA_B  berkata:

    menurut saya arti sebuah nama menunjukkan jati diri sebuah perusahaan,yang sangat berarti bagi kelangsungan dalam sebuah perusahaan.
    dari pengalaman diatas apakah bisa diterapkan atau bahkan saya lakukan?saya ingin belajar untuk bisa lebih mandiri lagi.

  28. damaris septian_D3 _MA _d1509019  berkata:

    saya tidak begitu tau tentang apa arti sebuah nama yang jelas nam adalah harapan tentang semua yang di jalani, dalam pekerjaan atau apapun.berawal dari nama dapat membangkitkan semagat kerja.

  29. Heran Dwi P (D3_MA.A_D1509039)  berkata:

    siip dech tuk Bu azizah…
    gak maw menyerah walaupun banyak rintangan yang menimpa usahanya yang dirintis sejak masih muda…
    saya salut (-_-)

    nama tidaklah hanya sebuah untaian huruf yang dibuat menjadi sebuah atau beberapa kata yang tidak memeiliki arti…
    melainkan dalam sebuah nama pazti tersembunyi sebuah doa dan harapan bagi si pemberi nama.
    setelah memberi nama pastilah si pemilik nama akan berusaha untuk menjaga nama baiknya.
    begitupun dengan Bu Azizah yang tetap berusaha dan mengembalikan nama baiknya kembali seperti semula.

    Kapan-kapan Makan rujak juga boleh…
    pengen dengar ceritanya langsung dari Bu Azizah
    pokoke sukses tuk Bu Azizah

  30. Nama adalah sebuah Doa…..
    Setiap orang yang memnggil nama kita otomatis,orang itu akan mendoakan kita….
    Janganlah mendampingkan nama dan wajah kita
    dengan kata-kata buruk yang akan Anda sesali nanti,
    saat Anda menjadi pribadi publik yang ternama
    dan terhormat.

  31. ALBERTUS SENO ANINDITO(D3 MA A D1509001)  berkata:

    Setiap orang memiliki persepsi atau pandangan tersendiri terhadap arti dari sebuah nama.Menurut saya nama memiliki arti yang sangat dalam dan berpengaruh bagi besar si empuya nama.

    Sebuah nama adalah doa yang berisi harapan-harapan dari si pemberi kepada si calon pemilik nama tersebut.Misalnya,seorang Ibu memberikan nama kepada anaknya,tentunya Ibu tersebut tidak asal-asalan memberi nama.Di dalam nama tersebut pasti memiliki arti tersendiri,dengan harapan anak tersebut bisa menjadi “manusia” seperti apa yang diharapkan Ibunya.
    Sebuah perusahaan,toko-toko dan sebagainya juga memiliki nama dan juga nama tersebut memiliki arti serta pengaruh dari kesuksesan usaha tersebut.

    Kesimpulannya,nama adalah sebuah anugerah bagi yang memilikinya dan kita harus bangga menyanding nama yang kita miliki.

  32. jayanti / MA.B / D1509046  berkata:

    NAMA yang brArti doA dan harApan orang tua terhadap anaknya.
    nma yg d’berikan kpda kita mengandung berbagai hrapan baik yang diinginkan setiap orang tua. dengan adanya nma trsbut org tua berharap agar anknya klak mnjadi org yg skses mempunyai msa dpan yg cerah sesuai dengan keinginan setiap orang. kita harus mensyukuri nama yg tlah diberikan oleh orang tua kita. bgga dengan adanya nama tersebut. karena tidak ada orang tua yg akan menjerumuskan anaknya k’ hal yg bruk oleh sbab itu tdak mgkin orang tua kita akan memberikan nma yg bruk.

  33. Dwi ayu himawati  berkata:

    Bener sekali,sebuah nama itu penting.Nama adalah sebuah penjelas/ header dari sebuah image perusahaan,Mengapa? karena nama bisa mencerminkan karakter dari perusahaan ataupun usaha.Nama bisa jg sebagai sugesti yg baik/hoki akan sebuah produk.Semakin bagus,unik,nyeleneh pastilah akan semakin bagus di mata konsumen,karena itulah yg membuat penasaran konsumen akan sebuah produk,sehingga dia harus mencari produk tersebut..jadi arti nama itu sangatlah penting sekali?…itu benar.

  34. Dwi ayu himawati (D3 MA.A / D1509025  berkata:

    Bener sekali,sebuah nama itu penting.Nama adalah sebuah penjelas/ header dari sebuah image perusahaan,Mengapa? karena nama bisa mencerminkan karakter dari perusahaan ataupun usaha.Nama bisa jg sebagai sugesti yg baik/hoki akan sebuah produk.Semakin bagus,unik,nyeleneh pastilah akan semakin bagus di mata konsumen,karena itulah yg membuat penasaran konsumen akan sebuah produk,sehingga dia harus mencari produk tersebut..jadi arti nama itu sangatlah penting sekali?…itu benar.

  35. INA AYU ANGGRAINI (MA.B /D1509044)  berkata:

    menurut saya memang benar bu, nama itu merupakan sebuah doa dan pengharapan…
    doa atau pengharapan itu tentunya merupakan sesuatu hal yang baik-baik,tidak mungkin seseorang itu miminta hal yang buruk…
    seseorang harus berharap sesuatu hal yang terbaik terjadi dalam hidupnya…
    dengan kejadian seperti yang dialami ibu hazizahh itu merupakan hal yang lumrah dalam kegiatan bisnis…mungkin ada seseorang yang tidak suka dengan keberhasilan ibu hazizah jadi ada yang memfitnah dengan tujuan menghancurkan bisnis bu hazizahh. Namun dengan sikap beliau yang pantang menyerah halangan-halangan semacam itupun terlampaui…itu berkat kegigihan seorang penjual rujak,ibu hazizahh…

  36. nana puspita sari MA.B D1509058  berkata:

    menurut saya arti sebuah nama itu sangat penting, apalagi dalam dunia bisnis seperti bu azizah yang telah memberikan sebuah nama pada toko rujaknya “Kodrat Ilahi”,yang mana dalam sebuah nama itu dapat membangun kepercayaannya kembali kepada konsumen-konsumennya.
    maka dari itu subuah nama harus dapat dijaga dengan baik karena di dalamnya tersirat sebuah harapan dan doa

  37. Mashluchi S. (MA/B D1509052)  berkata:

    Menurut saya,nama adalah sebuah identitas diri yang membedakan orang yang satu dengan lainnya. Didalam nama juga terkandung doa dan harapan supaya yang diberi nama tersebut sesuai dengan arti dari namanya.
    Dalam kasus bu Azizah ini dia mendapat musibah ditengah-tengah kesuksesan warungnya yang laris. Kabar tak sedap pun yang belum tentu benar adanya hampir menghancurkan usahanya.
    Saya kira sah-sah saja apabila bu Azizah sekarang memberi nama warungnya agar ia mendapat manfaat dari memberi nama pada warungnya.
    Selain ia memiliki brand yang harapannya agar dikenal oleh para pelanggannya,mungkin ia juga berharap mendapat kodrat dari ilahi sesuai nama warungnya agar warungnya selalu laris dan tidak diterpa kabar yang tak sedap lagi.
    Begitulah kesimpulan cerita ini menurut saya,
    Sekian dan terima kasih…

  38. Oktiyana Dwi N . (MA/B D1509066)  berkata:

    menurut saya nama adalah sebuah doa sekaligus sebagai identitas diri kita .
    kita harus berusaha membrikan sebuah nama kepada anak-anak kita atau pada perusahaan yang kita kelola dengan nama yang mempunyai arti yang baik , karena nama merupakan wujud dari sebuah doa .
    dan sebisa mungkin kita wajib menjaga nama baik kita , entah nama kita sendiri atau nama dari perusahaan yang kita miliki atau pun tempat kita bekerja , karena good well adalah sesuatu yang tidak dapat dibeli dengan apapun .
    sekali saja nama itu buruk di mata masyarakat maka , akan sulit sekali untuk memperbaikinya kembali .

  39. Anza  berkata:

    Nama “Retno Wulandari” sangat sarat dengan do’a dan makna, saya tak bisa bayangkan kalau saat itu bayi yang cantik diberi nama “Retnowulan Dot Net” ………….

    Nama adalah doa…..
    (kalau menurut saya)
    makanya saya tidak tahu do’a apa yang terkandung dalam nama seperti “C3PO” atau “R2D2” … yang pasti itu bukan nama manusia khan ……

Beri Komentar